LDII Kepulauan Yapen Lakukan Antisipasi Mandiri Penyebaran

Musibah penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang secara umum melanda dunia dan khususnya di Indonesia menjadi perhatian seluruh pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, tidak terkecuali DPD LDII Kabupaten Kepulauan Yapen bersama Takmir Masjid Baitil Aziz Serui.

Menurut Ketua DPD LDII Sonny Nur Hidayat, SH, Wabah yang sudah menyebar kemana-mana ini mari kita sikapi dengan memperbanyak mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT melalui doa kita dan berusaha serta beriktiar agar wabah ini tidak terus menyebar kemana-mana dengan mengikuti anjuran-anjuran yang dikeluarkan oleh Pemerintah.

Selain itu upaya menjaga diri dari penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dapat dilakukan dengan melakukan self distancing dan social distancing. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19), tanggal 25 Maret 2020 warga LDII dan Jamaah Masjid Baitil Aziz mengadakan kerja bhakti membersihkan dan penyemprotan Disinfectant di dalam masjid dan lingkungan sekitar masjid.

Hal ini dipandang penting karena masjid merupakan fasilitas umum yang selalu digunakan masyarakat untuk melaksanakan ibadah sholat wajib dan kegiatan majelis taklim yang berpotensi menjadi tempat penyebaran virus corona (COVID-19), selain melakukan penyemprotan disinfectant.

Kegiatan lain yang juga dilakukan untuk memutus rantai penyebaran yaitu dengan menggulung penggunaan karpet, penyediaan sabun di tempat wudhu, penyediaan hand sanitizer di tiang-tiang masjid dan penyediaan masker bagi jamaah yang mengalami gejala penyakit flu atau batuk, sosialisasi pola hidup sehat juga dilakukan oleh DPD LDII melalui majelis taklim yang dibimbing oleh tenaga perawat yang juga menjadi jamaah masjid.

——————–

Selain itu, upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) juga dilakukan oleh DPD LDII bersama pengurus masjid yaitu dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang dengan menghentikan sementara kegiatan majelis taklim yang biasanya dilaksanakan setiap dua kali dalam seminggu dan menghentikan sementara aktifitas pembinaan generasi penerus (generus) melalui TPQ Uswatun Hasanah Serui yang biasa dilakukan setiap hari.

(SNH) Penggulungan karpet masjid Persiapan penyemprotan disinfectant Penyemprotan disinfectant di Masjid Baitil Aziz dan tempat pengajian anak Pemasangan tempat sabun cuci tangan di tempat wudhu Pemasangan tempat hand sanitizer Pemasangan tempat masker

Oleh: Aby D’Gusda S33ADG (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *