Wujudkan Generasi Muda Mandiri, Remaja LDII Dilatih Membuat Serabi Sleman

Sleman – (08/03) – Sekitar 106 generasi muda LDII dari usia SMP hingga usia mandiri mengikuti pelatihan yang digelar oleh Penggerak Pembina Generus (PPG) bidang kemandirian dan DPD LDII Kab.Sleman. Kegiatan yang bertujuan mewujudkan generasi mandiri itu diajari membuat kue serabi.

Acara pelatihan di Masjid Al Falah, Komda Sleman diawali dengan muroja’ah Al Quran dilanjutkan dengan nasihat pembukaan tentang pentingnya tri sukses pembinaan generus yakni alim/faqih, berakhlakul karimah, dan mandiri.

Penasihat menekankan tentang pentingnya kemandirian bagi generasi muda LDII. Selanjutnya peserta menerima pembagian kertas berisi resep serabi, perkiraan biaya produksi, dan estimasi keuntungan hasil penjualan.

Sembari mencermati informasi dalam kertas, peserta berkesempatan untuk melihat proses pembuatan serabi mulai dari pembuatan adonan sampai proses pengemasan.

Tidak ketinggalan sebagian besar peserta juga berkesempatan mencoba sendiri membuat serabi. Mulai dari menuang dalam cetakan, mengangkat, hingga menggulung serabi.

“Pelatihan ini memberi manfaat yang baik, khususnya bagi generasi muda yang masih awam tentang serabi. Juga membuka wawasan apabila besok mau usaha serabi. Saya tadi juga sempat ikut praktik,” ujar Herin salah satu peserta.

Mahmud salah satu panitia penyelenggara menegaskan bahwa generasi muda saat ini harus memiliki sikap yang jeli dalam mencari peluang dan bisa memanfaatkan semua kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

“Adapun pelatihan kemandirian membuat serabi ini bertujuan untuk membekali para generasi muda khususnya skill di bidang kewirausahaan. Diharapkan bisa menjadi bekal di masa yang akan datang,” papar Mahmud. [a/d86]

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *